Saturday, December 24, 2011

Indikasi Geografis

Mungkin banyak teman – teman yang belum mengetahui apa itu indikasi geografis. Saya juga baru mengetahuinya ketika saya mengikuti acara Stadium General Teknologi Industri Pertanian di IPB. Berdasarkan UU No. 15 tentang merk, definisi dari indikasi geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang, yakni karena faktor lingkungan geografis ( alam, manusia, atau keduanya) yang memberikan ciri dan kualitas tertentu pada barang yang dihasilkan yang tidak dapat dijumpai di daerah lain. Indikasi geografis merupakan bagian dari Hak Atas Kekayaan Intelektual ( HAKI )

Jadi secara gampangnya, indikasi geografis merupakan suatu perlindungan terhadap produk yang dihasilkan hanya di suatu wilayah tertentu. Produk lokal tersebut memiliki kualitas yang khas dan terkenal luas. Sehingga kondisi tersebut rawan terjadi pemalsuan terhadap produk yang bersangkutan. Pemalsuan tersebut menyebabkan konsumen tidak dapat menikmati produk lokal tersebut dengan kualitas tinggi. Selain itu adanya pemalsuan tersebut akan menurunkan pendapatan produsen produk lokal, karena produk yang dijual akan berkurang, karena ada campuran dari bahan lain. Untuk itulah diterbitkannya indikasi geografis.

Friday, December 23, 2011

Visiting Semarang



Libur pra UAS semester 3 ini tak kusia-siakan. Bersama satu temanku, mamet, kami pergi mengunjungi ibukota provinsi Jawa Tengah yakni kota Semarang. Berangkat dari Rawamangun menuju Semarang, kami menggunakan moda transportasi bus PO Haryanto. Kali ini saya puas naik bis ini, tidak seperti pengalaman sebelumnya. Berangkat pukul 7 malam dar Jakarta kami sampai di terminal Terboyo Semarang pukul 3 pagi. Sejenak kami beristirahat sambil nyeruput wedang ( minuman hangat ). Setelah setengah jam di warung, kami segera mencari angkot untuk menuju ke kawasan kota lama.

Kota Lama

Di kota lama karena masih pagi buta, kami segera mencari masjid untuk menunaikan sholat subuh. Niat hati ingin istirahat sebentar setelah subuh, namun ternyata masjid akan segera dikunci oleh bapak penjaga. Alhasil kami segera cabut dan jalan jalan ke kawasan kota lama. Di kawasan kota lama terdapat Stasiun Tawang yang merupakan tempat pemberhentian kereta KHUSUS eksekutif dan bisnis saja. Untuk ekonomi mohon maaf, stasiun Tawang tidak mau menerima anda. Haha

Wednesday, November 9, 2011

Sowan Kediri

Dalam mempromosikan tempat pariwisatanya, tiap daerah pasti punya logo dan slogan tersendiri yang unik. Yang menunjukkan jati diri daerah tersebut.
Begitu juga dengan daerah asal saya, Kediri dengan berbagai objek wisatanya yang amaazing

Namun sejauh ini, Kediri sepertinya masih belum memiliki logo dan slogan untuk mempromosikan pariwisata Kediri. Untuk itu saya iseng iseng mencoba bikin logo dan slogan untuk Kediri
Kalau Indonesia punya "Visit Indonesia"
dan Jakarta dengan slogannya "Enjoy Jakarta"
maka, Kediri pun juga punya, yaitu

" Sowan Kediri "

Dalam bahasa jawa, Sowan artinya berkunjung, jadi makna tulisan ini adalah berkunjung ke Kediri. Selain itu saya juga menyisipkan gambar Monumen Simpang Lima Gumul yang merupakan ikon Kediri :D



Tuesday, October 25, 2011

NO FAKE, ORIGINAL ONLY


yah, ini membicarakan hal - hal yang sedikit berbau pembajakan

Jadi begini, tiap teman – teman mau beli sesuatu, pasti ada lah, yang namanya barang tiruan. Nah barang tiruan kini makin marak di pasar Indonesia. Salah satu jenis barang yang kini banyak ditiru adalah barang fashion dan mode. Yang baju lah, celana lah, sepatu, tas, dll. Kini pun barang tiruan itu banyak istilahnya, fake, KW, KW 1, KW super, KW grade A, KW thailand, replika, atau apalah, yang intinya itu bukan barang asli.

Banyak produsen barang yang membuat barang tiruan tersebut, umumnya mereka meniru merk. Jadi ada Nike tiruan, Adidas, Louis Vutton, dan masih banyak lagi. Adanya rodusen barang tiruan tersebut memang wajar sih. Karena memang tidak ada yang menindak tegas perbuatan mereka. Selain itu,

Wednesday, October 19, 2011

Agroindustri ?


Modal utama Indonesia adalah pertanian.
Agroindustri adalah industri pertanian.
industri yang mengolah hasil pertanian.
Menurut saya, agroindustri merupakan industri yang mengolah hasil pertanian untuk meningkatkan nilai tambah (added value) suatu bahan hasil pertanian. Nilai tambah tersebut tidak hanya dari sisi kegunaan saja, namun juga nilai tambah dari sisi finansial, yakni nilai jualnya. Karena apabila suatu komoditi dijual dengan mentah begitu saja akan berbeda harganya dengan komoditi yang telah melalui proses pengolahan menjadi produk.

Lantas, apa perbedaan antara komoditi dengan produk ? bukankah itu sama? Beda.
Komoditi adalah hasil pertanian yang belum mengalami proses pengolahan, jadi masih berupa bahan mentah, seperti komoditi gandum, komoditi jagung.

Monday, October 17, 2011

Gambar

Sejak masuk departemen Teknologi Industri Pertanian, tugas ngalir tiap hari. Tiap minggu pasti ada aja tugas yang harus dikumpulkan, jadi belum sempet update blog ini. Kalaupun ada waktu, pasti bawaanya mau istirahat, mau maen kemana gitu, haha.

Pas kuliah tuh biasanya suka ngantuk. Nah, biar ga ngantuk ada cara yang biasa saya lakuin. Catat apa yang diterangin dosen :D itu bisa bikin lebih ngerti :D
Kalau lagi bener - bener males, ngegambar aja, biar ada kerjaan, ga ngantuk.
Tapi kalo ngegambar tuh jadi ga merhatiin dosen.
ini nih sedikit coretan pas kuliah, hehe
meskipun buku orang, bolpoin minjem temen, spidol, ama stabilo juga minjem, ga ada yang milik sendiri. Hehe

biar ga suntuk mikirin tugas, ujian, dan segala macemnya

Enjoy Your Day :)


Sunday, September 4, 2011

Waspada setiap saat


Ya, masih seperti biasanya, kriminalitas mengintai kita dimanapun tempatnya kapanpun waktunya. Waktu – waktu arus mudik dan arus balik saat ini makin mengancam. Tetap waspada terhadap barang – barang anda selama melakukan perjalanan.

Dimanapun anda berada tetaplah waspada, mulai dari bis, pesawat, kereta ekonomi maupun kereta eksekutif. Memang keamanan di kereta ekonomi sangat rawan, akan tetapi tidak otomatis bahwa keamanan di kereta kelas eksekutif dapat terjamin. Hal ini pernah saya alami pada saat saya mudik ke kampung halaman menggunakan kereta eksekutif Bima tujuan Jakarta Gambir – Surabaya Gubeng.

Friday, August 5, 2011

Top 1 oli sintetik mobil-motor Indonesia

Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia hidup memerlukan mobilitas yang tinggi. Kendaraan bermotor pun menjadi pilihan utama untuk mobilisasi. Dan kendaraan bermotor memiliki salah satu komponen yang sangat penting dan primer, apa lagi kalau bukan mesin.
Seperti yang kita ketahui bahwa mesin merupakan komponen yang sangatvital bagi kendaraan bermotor. Apabila tidak ada mesin, bagaimana mungkin kendaraan dapat bekerja sebagaimana mestinya. Dan mesin pun tidak bisa dibiarkan bekerja begitu saja selamanya, harus ada perawatan yang cukup baik.

Seperti halnya gigi, gigi akan keropos jika tidak dilindungi oleh pasta gigi. Mesin pun juga begitu, akan mudah rusak apabila tidak dilindungi oleh pelumas. PElumas atau oli ini berfungsi sebagai bahan pembantu agar mesin dapat bekerja dengan lancer tanpa ada gangguan. Bayangkan bila mesin tanpa diberi oli. Baru berjalan beberapa meter, mesin sudah rusak berat, hal ini karena oli

Monday, August 1, 2011

Mapramda

Mapramda merupakan singkatan dari malam penerimaan pramuka penegak SMA Negeri 2 Pare. Mapramda merupakan salah satu kegiatan besar smada yang diadakan setiap tahun ajaran baru dengan siswa baru sebagai pesertanya. Setelah mengikuti kegiatan mapramda ini para peserta masih belum menjadi anggota ambalan ( Gajah Mada – Kartini ) namun masih sebagai tamu ambalan. Mereka baru bisa menjadi anggota ambalan setelah melewati beberapa proses selanjutnya selama beberapa bulan ke depan.

Bisa dilihat setiap tahun bahwa ikon mapramda adalah tower. Yah, meskipun seringkali diprotes jajaran atasan namun teman teman pramuka selalu mengusahakan agar tower itu selalu ada. Tower yang terbuat dari bambu ini dibangun sendiri oleh teman – teman anggota pramuka dengan menggunakan keterampilan tali – temali yang disertai dengan semangat kebersamaan, kekompakan, kekeluargaan meskipun harus mengorbankan sesuatu.

Thursday, July 21, 2011

Kereta Mudik EDAN



Mudik lebaran tahun 2011 ini sangat EDAN, terutama untuk moda transportasi kereta api. Kebijakan reservasi tiket bisnis – eksekutif 40 hari sebelum keberangkatan pun ludes dalam sekejap. Harganya pun tidak main – main, bagaimana tidak, harga tiket lebaran ini melonjak lebih dari 2 kali lipat di hari biasa. Sebagai contoh, kereta bangunkarta yang hari biasa seharga 255ribu pun menjadi 550rb, gajayana yang seharga 310rb menjadi 650rb, kereta bima 305rb pun berubah menjadi 550rb. Hampir sama dengan tiket pesawat terbang.
( dari berbagai sumber )

Loket pembelian pun juga tetap saja ramai, bahkan meskipun sudah disediakan agen – agen penjualan tiket tetap saja antrian mengular di sejumlah stasiun. Oleh karena itu, selain harganya yang mencekik leher,

Friday, July 15, 2011

Tman Wisata Selorejo



Taman Wisata Waduk selorejo terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk mencapainya dari kota Pare Kediri, kita bisa naik bus jurusan Malang . Saat liburan akhir semester, saya dan teman – teman ( Hening, Ahmad, Arizka, Meme, Fia, dan Riri ) berkunjung ke sana dengan menggunakan bus Puspa Indah seharga 8000 rupiah dan turun di pertigaan Selorejo – Ngantang. Dari pertigaan itu, untuk menuju ke lokasi kita bisa memilih untuk naik angkot atau naik ojek, kalau jalan kaki sepertinya terlalu jauh karena tempatnya masih 3 km lagi.

Kalau memilih naik angkot, tarifnya sekitar 2000 ( menurut penduduk sekitar ). Dan setelah sampai, kita membeli tiket masuk seharga 9500 per orang.
Kalau memilih naik ojek, tarifnya 15000 rupiah untuk 2 orang, jadi satu orang 7500 ( itu dibonceng tiga sama bapak ojeknya ), kalau mau sendiri bisa nego lagi. Tapi enaknya naik ojek adalah kita tidak perlu lagi membayar tiket masuk, jadi ojek langsung masuk ke lokasi tanpa kita membayar tiket masuk :D (sepertinya ada konspirasi antara bapak ojek dan petugasnya)

Akhirnya kami pun memilih untuk naik ojek ( recomendeed nih ), jadi bisa lebih hemat :D tak lupa saya minta no. Hp bapak ojeknya supaya ninti bisa jemput kami. FYI biaya untuk jemput lebih murah, yakni 10000 untuk 2 orang.

Oke, setelah sampai lokasi kami sholat dulu

Monday, July 11, 2011

Kekecewaaan terhadap Bus Rosalia Indah




Ini pengalaman pertama saya, perjalanan pulang dari Bogor menuju Kediri dengan menggunakan bus. Saat itu hari Senin tanggal 4 Juli 2011. Saya pulang bersama teman saya, Duty. Kami memilih jasa transportasi bus Rosalia Indah kelas Patas AC ( bisnis ) seharga 135000 dengan nomor lambung 133 tujuan akhir Blitar.

Langsung saja ada beberapa hal yang membuat saya tidak puas dengan layanan yang diberikan oleh Rosalia Indah, yaitu

1. Jadwal
Dari jadwal keberangkatan di tiket pada jam 12.00 akhirnya kita berangkat sekitar 13.30 telat sih, tapi saya tidak terlalu mempermasalahkan hal ini

2. Pelanggaran aturan
Sopir bus yang merokok. Padahal sudah jelas ada larangan keras merokok dalam ruangan ber-AC yang terpampang di dalam bus --“ dan esoknya, sang supir juga menyetir sambil menelepon. ( juga terpampang larangan menelepon saat berkendara).

3. Kelalaian
Setelah keluar dari tol Cikampek kami kena macet, kalau macet sih memang resiko. Tapi yang membuat saya jengkel adalah. Saat itu sudah di daerah Cikalong, tapi ternyata di pool bus Rosalia di Cikopo masih ada penumpang yang belum terangkut ( FYI Cikopo itu sebelum Cikalong ). Walhasil sopir bus langsung putar balik dan kembali ke Cikopo untuk mengambil penumpang yang tertinggal. Dan absolutely kita kena macet ( lagi )

Sunday, June 26, 2011

Situs Ajaib



ada salah satu situs yang ajaib, di situs itu ada Jin
Nah, kita mikirin dulu suatu karakter, tapi kita juga harus tau, karakter yang kita pilih tuh yang kaya gimana sih
soalnya ntar sama Om Jin kita dicecar berbagai pertanyaan dan gampangnya, kita tinggal milih jawaban aja :
- Yes
- probably
- I don't know
- Probably not
- No


nah, abis Om Jin ngasih beberapa pertanyaan, dia bakalan nebak siapakah yang kita pikirin tadi
oiya, kalo jawab pertanyaan yang jujur ya ;)

Wednesday, May 18, 2011

Lingkar Monas


Jadi kami berlima ini kepingin tahu, monas ( Monumen Nasional ) itu yang gimana sih. Masa kami yang tinggal di dekat Jakarta ( Bogor ) belum pernah tahu yang namanya monas. Hari senin kemarin pas kami libur hari kejepit ( cuti bersama ), kami berkesempatan mengunjungi monas. Yah, berbekal tanya-tanya sama teman dan searching di mbah google akhirnya kami berlima ( saya, Hermanto, Lutfi, Kukuh, dan Didik ) berangkat dari bogor sekitar pukul 8 naik KRL ( ekonomi pastinya :D ) dan turun di stasiun juanda.

Dari Stasiun Juanda kami berjalan kaki menuju monas. Lumayan dekat sih, tapi tetep membuat kaki pegel. Memasuki area halaman monas tidak dipatok biaya, alias gratis. Namun kalau memasuki ruangan dasar monas dipatok harga 1000 untuk pelajar/mahasiswa dan 2500 untuk umum. Akses menuju monas melewati terowongan bawah tanah dan kita akan disambut oleh museum yang berisi diorama – diorama. Untuk menuju puncak monas, kita dipatok biaya lagi, yakni 3500 untuk pelajar/mahasiswa dan 7500 untuk umum. Untuk menuju puncak monas, kita harus naik lift.

TAPI, untuk masuk lift pun kami harus antri. Antrian mengular yang panjangnya ber meter – meter. Saya dan Lutfi malas untuk mengantri. Kami pun duduk duduk di sekitar antrian. Sedangkan Kukuh, Hermanto, dan Didik semangat mengantri, meskipun harus bercapek – capek berdiri. Akal licik saya pun muncul setelah ketiga teman kami mendekati lift, saya dan Lutfi menghampiri mereka dan menyelinap di antara mereka, hehe. Teman pun bisa jadi bantuan antrian :D

Wednesday, May 11, 2011

Tuesday, May 10, 2011

Saturday, May 7, 2011

Ngariung Pesepeda Bogor 2011

Satu lagi acara yang diadakan atas kerjasama Bike to Work Bogor ( Gowel ) dan Bike to Campus Bogor pada tanggal 29 Mei yang bertempat di BNR. Komunitas sepeda apapun bisa kumpul di sini dan penggowes sepeda jenis apapun bisa ngikut.
Jangan lupa datang ya..

Banyak acara dan performnya, untuk selengkapnya bisa lihat flyer di bawah

Thursday, April 21, 2011

Emang Narkoba Gaul ?


Kata siapa ?

Kebanyakan kasus, pecandu narkoba dimulai dari pergaulan yang tidak baik. Mula – mula seseorang pecandu rokok karena komunitasnya, kemudian merambah ke minuman keras dan akhirnya menyentuh narkoba. Untuk sebagian ( kecil ) orang, memegang batang rokok sambil mengisapnya itu keren, bila ditanya, “Habis dari mana ?” jawabnya, “Biasa, minum.. “ dan make narkoba itu punya prestise tersendiri. Tapi sekali lagi, itu hanya bagi sebagian kecil orang ( yang tentunya kurang begitu mengerti apakah itu rokok, miras, narkoba) yang hanya digunakan sepagai ajang gaul – gaulan saja. Dan seringkali seorang remaja muda yang labil, masih suka mengikuti apa yang dilakukan gengnya, termasuk mengonsumsi narkoba. Dan dia merasa gaul dengan hal tersebut.

Jadi, yang dimaksud dengan gaul sebenarnya bukanlah hanya ajang keren – kerenan belaka. Menurut saya, gaul itu mampu bersosialisasi dengan baik dengan orang lain serta tidak ketinggalan berita. Itu saja sih, simple kan. Jadi, dari mana datangnya lelucon bahwa make narkoba itu gaul saya juga kurang tahu persis.

Friday, April 8, 2011

Single Day Backpacking

Mungkin bagi teman – teman yang memiliki waktu sempit untuk refreshing, bisa baca tulisan saya yang masih berantakan ini.

Liburan UAS, saya dan 2 orang teman dari Kediri ( Arizka dan Syahrizal ) akan balik ke kampung halaman, namun kami memutuskan untuk mampir ke Jogja terlebih dahulu untuk liburan. Tidak lama sih, hanya seharian penuh, maka dari itu kami menyebutnya single day backpacking :D. Dari Bogor, kami berangkat ke Stasiun Tanah Abang dengan KRL hari Sabtu pukul 16.30, sebenarnya kami berniat menaiki kereta ekonomi yang murah meriah, tapi karena waktu yang mefet, keburu mengejar kereta jam 18.30 akhirnya kami memutuskan naik Ekspress yang lebih mahal. Sampai stasiun kami segera membeli tiket KA Bengawan jurusan Solo Jebres dan kami turun di stasiun Lempuyangan Jogja.

Sampai di Jogja pukul 7 pagi langsung bersih diri. Tujuan pertama kami adalah Candi Prambanan. Sebelumnya kami bertanya kepada bapak yang ada di mushola, halte Trans Jogja terdekat untuk menuju ke Candi. Kami pun berjalan kaki, tak lama sih, menuju ke halte yang berada di SMP 5. Dari halte tersebut kami naik Trans Jogja 2B dan transit di halte SGM untuk oper ke trayek 1A menuju Prambanan. Ongkosnya murah meriah, Cuma 3000 sampai tujuan, jadi meskipun harus oper trayek, kita hanya bayar 3000 saja. Sampai halte prambanann, setelah makan kami segera menuju ke kompleks Candi Prambanan. Kompleks Candi Prambanan terdiri dari berbagai candi dan saya tidak ingat ada apa aja :D dan ada juga museumnya. Namun setelah mengitip dari luar, dan kesannya tidak meyakinkan , kami tidak jadi masuk. Setelah keluar dari candi, kami segera mencari warung.

Tuesday, April 5, 2011

Mengobati Sariawan

Teman teman pasti pernah terserang penyakit mulut yang namanya sariawan.
Sepele memang, tapi itu lumayan mengganggu kegiatan kita. Mau makan ga enak, mau ngomong ga nyaman. Sariawan atau dikenal dengan sebutan stomatitis adalah pembengkakan atau peradangan yang terjadi di lapisan mukosa mulut. Sariawan bisa disebabkan dari beberapa faktor, seperti stres, luka di mulut, alergi makanan, siklus haid, terlalu banyak minum antibiotik atau asam.

Berikut ini saya sertakan beberapa cara untuk mengobati sariawan. Monggo ditingali..

1. Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam tiga kali sehari dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam dapat menarik cairan pada luka sariawan sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

2. Minum yogurt
Yogurt membantu keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dan membantu mencegah sariawan. Untuk merasakan hasilnya, pastikan yogurt mengandung acidophilus hidup.

3. Bilas mulut dengan obat tradisional

Thursday, January 27, 2011

Kereta Api ?



Berikut ini beberapa masalah mengenai pembelian tiket kereta api yang baru saya temui pada saat saya akan mudik libur natal dan tahun baru. Mungkin banyak teman – temans yang sudah tahu, tapi tak apalah, kali aja ada yang belum mengetahuinya.

Tidak ada publikasi bahwa tiket KA ekonomi bisa dipesan
Sebelumnya yang saya ketahui hanya tiket KA untuk kelas bisnis dan eksekutif saja yang dapat dipesan, yakni mulai 30 hari menjelang keberangkatan. Namun saya baru mengetahui bahwa ternyata tiket KA ekonomi juga dapat dipesan terlebih dahulu.

Jadi sekitar 3 hari menjelang keberangkatan saya ( menggunakan KA ekonomi ), ternyata teman saya telah mendapatkan tiket kereta dengan jadwal dan kereta yang sama dengan saya ( KA Brantas). Alhasil hari H keberangkatan, saya berangkat pagi – pagi menuju stasiun Tanah Abang untuk membeli tiket, karena takut kehabisan tempat duduk. Yah, meski jam keberangkatan masih pukul 4 sore tapi saya bela- belain datang pagi agar tidak kehabisan tiket. Dan alhamdulillah saya mendapat tiket duduk yang terakhir.

Tuesday, January 25, 2011

Backpacking ke Gunung Bromo




Setelah pusing memikirkan UAN, saya dan teman teman saya berencana backpacking ke Bromo. Perjalanan ini merupakan yang pertama bagi kami semua. Masing – masing dari kami belum ada yang pernah ke Bromo. Kami hanya bermodalkan informasi yabg kami peroleh dari internet.

Perjalanan dimulai hari Jumat sekitar pukul 9 pagi, meeting point di sekolah kami, dan kami mencari tumpangan di jalan raya samping sekolah. Rencana sholat Jumat kami laksanakan setelah sampai di stasiun Jombang. Namun jam 9 sampai waktu dhhuhur tiba kami belum mendapatkan tumpangan. Akhirnya kami sholat Jumat dulu di Pare. Setelah sholat Jumat, tanpa menunggu lama Subhanallah kami langsung dapat kendaraan untuk menuju ke stasiun Jombang. Mungkin Allah berkehendak bahwa kita harus sholat dullu sebelum bepergian. Namun kami mendapat tumpangan pick up bekas muatan oli, tapi tak apalah meski kami harus jongkok ataupin berdiri untuk menghindari gesekan dengan bekas oli :D

Di stasiun kami bertemu rombongan aremania yang akan bertolak ke jakarta. Jadi saat membeli tiket pun saya harus mengantri sedemikian lama. Dari jadwal kereta pukul 2 siang, ternyata terlambat hingga pukul 3. Setelah menunggu, kami langsung bertolak menuju Probolinggo. Suasana kereta cukup ramai, namun kami masih bisa mendapatkan seat. Setelah melewati Surabaya, banyak penumpang yang turun dan kereta pun sangat lengang. Di gerbong saya bahkan hanya terisi sepuluh orang saja. Jadi bisa memilih tempat sepuasnya :D

Tuesday, January 4, 2011

Boso Jowo

Boso Jowo iku kan yo budaya Jawa kan. Seng kudu dipelajari sakben uwong. tapi nyapo yo kok akeh wong saiki seng gak pati iso boso jowo. lek menurutku kui goro - goro pendidikane.

pas SD karo SMP aku biyen diwarahi pelajaran boso jowo karo guruku. tapi SMA wes gak onok pelajaran boso Jowo. opo maneh kuliahan. tambah hora onok, paling eneke mung ning jurusan boso jowo tok.

sakjane i boso jowo luwih kompleks tinimbang boso Indonesia. ning boso jowo enek tingkatane. enek sing jenenge boso ngoko karo kromo.

lek boso ngoko kui rodok kasar, biasane digawe karo sak pantarane awake dhewe. lha lek boso kromo kui digawe karo wong sing luwih tuwa, ga ngormati lah istilahe

masio boso jowo iku mayoritas neng jawa timur karo jawa tengah, tapi bosone wi yo rodo bedo. kadang aku dhewe sing wong jawa timur ora ngerti karo bosone wong jowo tengah. mbuh apane sing bedo, padahal yo podo wae boso jowone.

Yah, yo ngono kui lah jenenge boso jowo, meluas dan merakyat

oiyo, meh lali, sakdurunge taun 2011 ganti taun , Auwalin ngucapne

Selamat Tahun Baru 2011, Semoga Semakin Baik