Monday, August 1, 2011

Mapramda

Mapramda merupakan singkatan dari malam penerimaan pramuka penegak SMA Negeri 2 Pare. Mapramda merupakan salah satu kegiatan besar smada yang diadakan setiap tahun ajaran baru dengan siswa baru sebagai pesertanya. Setelah mengikuti kegiatan mapramda ini para peserta masih belum menjadi anggota ambalan ( Gajah Mada – Kartini ) namun masih sebagai tamu ambalan. Mereka baru bisa menjadi anggota ambalan setelah melewati beberapa proses selanjutnya selama beberapa bulan ke depan.

Bisa dilihat setiap tahun bahwa ikon mapramda adalah tower. Yah, meskipun seringkali diprotes jajaran atasan namun teman teman pramuka selalu mengusahakan agar tower itu selalu ada. Tower yang terbuat dari bambu ini dibangun sendiri oleh teman – teman anggota pramuka dengan menggunakan keterampilan tali – temali yang disertai dengan semangat kebersamaan, kekompakan, kekeluargaan meskipun harus mengorbankan sesuatu.


Kegiatan mapramda yang dilaksanakan 2 hari 1 malam ini meliputi pelatihan teknik kepramukaan, api unggun yang dimeriahkan oleh adanya kembang api serta pertunjukan dari siswa siswi smada, serta tak ketinggalan pula jelajah yang merupakan penerapan dari teknik kepramukaan.

Mapramda ini sangat esensial. Tidak hanya mempersatukan anggota pramuka saja, namun juga turut mengundang ekstra kurikuler lain untuk turut ambil bagian. Antara lain PMR, PKS, Perisai Diri, Marching Band. Mapramda juga dimanfaatkan sebagai ajang untuk bersilaturahmi para alumni pramuka maupun PMR. Bahkan teman – teman di luar anggota pramuka pun tidak jarang bermain ke smada untuk turut menikmati kemeriahan mapramda. Jadi menurut saya, mapramda itu, dari pramuka, oleh pramuka, untuk semua :D
Kita tunggu mapramda tahun depan

Jayalah Pramuka Indonesia !!

photo is under construction ( masih dicari :D )

No comments:

Post a Comment