Thursday, February 12, 2015

Makan-Makan di Sulawesi

Tak lengkap rasanya apabila mengunjungi suatu daerah namun tidak mencicipi kuliner khasnya. Seperti halnya pada kunjungan di teman saya, rumah Hijran yang terletak di Kota Palu, Sulawesi Tengah yang tak luput dari hidangan khas daerah Sulawesi. Karena terletak di cerukan Teluk Palu sebenarnya mudah sekali menemukan seafood seperti kerapu, udang, cumi, hmmm :9. Namun beberapa hidangan berikut jangan sampai luput ketika berkunjung ke Palu.

1. Coto Makassar
Dari namanya saja sudah jelas bahwa hidangan ini berasal dari daerah Makassar, namun di Palu masakan ini juga terkenal. Salah satu tempat yang pas untuk menikmati coto ini adalah di rumah makan Hidangan Coto Makassar Daeng Panji. Sesaat terlihat bahwa Coto Makassar ini seperti masakan kuah saja, namun apabila kita aduk, maka dagingnya yang tersembunyi di dalam kuahnya akan terlihat. Coto Makassar cocok dinikmati dengan tauco, ketupat, serta segelas air es gratis.

Coto Makassar Daeng Panji




2. Kaledo

Nah kalo kaledo ini adalah masakan dari daerah Palu. Kaledo adalah makanan semacam sup berupa daging sapi yang masih menempel dengan tulangnya dan diberi kuah. Semacam asem-asem atau sup buntut kalau di jawa. Entah kaledo artinya apa namun makanan berkuah dengan daging yang empuk ini segar untuk dinikmati.


Kaledo a la rumahan



3. Es Palu Butung
Sudah jelas ya kalau makanan ini berasal dari Palu hehe. Es palu butung berisi buah pisang, bubur sumsum, sirup gula, dan es batu atau es serut. Mudah sekali untuk membuatnya di rumah. Makanan ini segar dinikmati saat udara Palu sedang panas.


Es Palu Butung a la rumahan juga



4. Es Kacang Merah
Saat ke Palu pada malam hari cobalah mampir di beberapa restoran yang terdapat di atas bukit. Sambil menikmati gemerlap kota palu dari atas bukit kita bisa merasakan segarnya es kacang merah. Es yang penuh kacang merah di dasarnya dan ditaburi topping kacang dan gula merah di atasnya membuat malam anda begitu indah hehe.


Es Kacang Merah di atas bukit



5. Ketan dan pisang goreng
Sebenarnya sederhana sih dan di kebanyakan tempat pun ada kudapan ini. Namun yang berbeda adalah kudapan ini dimakan dengan dicocol sambel. Kalo biasanya ketan dan pisang goreng dimakan begitu saja karena rasanya yang cukup manis, pisang goreng dengan dicocol sambel rasanya lebih gurih-gurih pedes manis gitu hehe enak deh coba aja.


Pisang goreng dan sambel



6. Es campur

Es campurnya lupa isinya apa aja ~.~ yang pasti enak dimakan malam-malam di dekat alun-alun Palu hehe

Es Campur dekat alun-alun

1 comment: