Saturday, February 14, 2015

Surganya Jakarta : Kepulauan Seribu

Macet dan polusi. Barangkali dua kata itu yang terlontar dari masyarakat ketika ditanya tentang Ibukota Indonesia yakni Kota DKI Jakarta. Memang secara terpampang nyata macet dan polusi adalah hidangan sehari-hari yang biasa dinikmati. Lama-lama bakal jenuh juga ya kalau setiap hari bergulat dengan hal-hal tersebut.

Nah, ternyata nih Jakarta tidak hanya mempunyai macet dan polusi saja, Jakarta juga punya surga loh. Surga kawasan wisata alam yang jauh dari macet dan polusi. Berasa oase di padang pasir deh hehe Wilayah tersebut berada di sebelah utara Jakarta, yaitu Kepulauan Seribu. Banyak pulau-pulau kecil yang terdapat di Kepulauan Seribu dan menyimpan berjuta pesona. Ada beberapa pulau besar yang dihuni oleh masyarakat Jakarta seperti Pulau Tidung, Pramuka, dan Harapan. Namun terdapat juga ratusan atau bahkan ribuan pulau lain yang tidak berpenghuni.

 
Salah satu sisi Kepulauan Seribu

Perjalanan menuju ke Kepulauan Seribu diawali
pada pagi hari di Pelabuhan Muara Angke. Sebenarnya ada beberapa alternatif lain untuk penyeberangan namun yang paling ramai adalah pelabuhan ini. Setiap weekend pelabuhan ini ramai oleh para wisatawan yang ingin menghabiskan weekend di Kepulauan Seribu.

Di kepulauan seribu kita bisa menginap di guest house milik penduduk yang disewakan atau membawa tenda sendiri pun bisa juga sehingga bisa menghemat pengeluaran. Kegiatan utama ketika kita berwisata di Pulau Sribu adalah hoping island, snorkling, dan bakar-bakar ikan atau biasa dikenal dengan barbeque.
Berwisata di Kepulauan Seribu lebih enak rombongan orang banyak, atau kalo tidak, bisa bergabung dengan rombongan orang lain. Enak di mananya? Enak di duitnya hehe. Soalnya hoping islands dan snorkling biasanya kita meumpang perahu kecil namun bisa diisi orang banyak. Jadi kalau Cuma sedikit orang kan bayarnya yang bengkak.

 
Dermaga Pulau Bira Besar

Ada banyak pulau kecil yang bisa kita jelajahi di Kepulauan Seribu, mulai dari pulau semak daun, bira, onrust, cipir, dan masih banyak pulau lain. Kita akan menemukan suasana yang berbeda di pulau-pulau yang tidak berpenghuni. Seperti berada dalam hutan rimba namun berbentuk pulau kecil di tengah laut.
Beberapa spot snorkling patut kita coba di Kepulauan Seribu. Tidak tahu spot snorkling yang bagus? Tenaaang, abang yang punya perahu pasti tahu kok spot snorkling yang ciamik. Tidak punya alat snorkle? Tenaang, kita juga bisa menyewa alat snorkle sama abang perahu kok.

 
Menyelam bersama terumbu karang dan ikan-ikan


Perairan di Kepulauan Seribu cukup jernih sehingga kita bisa melihat karang-karang di dasar laut yang dangkal. Selain itu juga banyak ikan-ikan yang berenang di antara kita dan karang. Oiya jangan lupa membawa remahan roti, mujarab tuh untuk memancing ikan-ikan bermain di sekitar kita. Jangan lupa juga membawa kamera underwater. Sayang sekali apabila momen snorkling tidak diabadikan di lensa kamera. Tidak punya kamera underwater? Tenaaang abang perahu biasanya juga punya kamera underwater kok hehe minta potoin abangya aja.

 
Perahu yg bawa keliling Kepulauan Seribu

Malam-malam saatnya barbeque nih, kita bakar-bakar ikan. Gak punya ikan yang bisa dibakar? Tenaaang, minta atau beli aja sama abang perahu yang tadi hahaha semuanya jadinya sama abang perahu deh hahaha

Yang pasti menghabiskan weekend di Kepulauan Seribu cukup ampuh untuk merefresh pikiran, hati, dan raga kita dalam menghadapi penatnya macat dan polusi di ibukota.

Jalan-jalan di salah satu pulau

Suasana bawah laut nih

1 comment: