Saturday, June 8, 2013

Bersepeda : Aksi Sederhana Bersahabat dengan Bumi

so fresh
Teman teman kalo ngampus naik apa? mobil? motor? taksi? angkot? ojek? jalan kaki? atau bersepeda?

Mungkin ada sebagian temen yang merasa pegel kali ya untuk jalan kaki ke kampus, apalagi yang kampusnya luas semacam kampus saya, IPB yang luasnya pake banget. Buat mobilitas di kampus tentu memakan waktu lama dan energi bukan? Lantas, teman - teman bisa membawa kendaraan untuk menunjang aktivitas teman - teman.

Tapi, kendaraan apa dulu nih yang bisa membantu teman - teman. 
Angkot? tidak ada jalur angkot yang masuk kampus bukan
Mobil? Motor? Harus sering isi BBM dong, terus gas buang yang dihasilkan juga tidak sedikit kan. Teman - teman pasti tidak mau kalau kampus kita tercemar oleh asap - asap hasil pembakaran.
Taksi? Ojek? Boros di ongkos kalo yang ini plus  banyak asep mencemari cuma untuk nganter kita doang.
Sepeda? Great choice!

Bawa sepeda ke kampus banyak manfaatnya lho. Selain tidak melelahkan daripada jalan kaki, hehe. Dengan bersepeda kita bisa ikut bersahabat dengan bumi loh. Kok?


Iya, sederhananya coba bandingkan dengan motor deh. Dengan motor kita perlu biaya untuk bahan bakar yang kini juga semakin terkuras. Selain itu asap kendaraan juga bikin kita dan pepohonan batuk - batuk. Gas buang yang dihasilkan kendaraan sangat mencemari udara. Apalagi ditambah dengan ruang hijau yang hanya sepetak - petak kecil. Pepohonan serasa tersiksa dengan asap yang merajalela.

Nah, kalau teman - teman bersepeda, seperti judul tulisan ini. Sederhana, iya. Bisa pake sepeda sendiri, kalau tidak punya, bisa pinjam sepeda kampus, kalau kampus tidak ada sepeda, bisa usul ke rektor hehe. Manfaat yang didapatkan? Banyak dong, bahkan mungkin secara tidak sadar teman - teman mendapatkan manfaat tersembunyi dari gowes sepeda. Ada dua poin utama ketika teman - teman bersepeda. 
Kesehatan. So pasti lah, hampir semua alat tubuh kita bergerak ketika bersepeda. Bersepeda merupakan salah satu cara menyehatkan tubuh.
Save Earth! Ini nih yang penting, dengan bersepeda teman - teman turut berperan menyelamatkan bumi. Dari apa? Godzilla? hehe bukan lah.

Dewasa ini semakin hari semakin banyak asap yang mencemari udara kita. Kendaraan bermotor yang semakin menjamur, industri yang juga semakin tumbuh di mana - mana. Hujan asam juga mengancam kehidupan kita. Masih ingat kan prinsip Gas Rumah Kaca? Nah, itu juga yang kini mengakibatkan suhu bumi semakin meningkat. Bongkahan es di perairan kutub mulai mencair. Daratan akan tenggelam? bisa jadi. Banyak hal merugikan yang disebabkan oleh asap. Hal ini diperparah dengan makin berkurangnya lahan hijau di muka bumi. Bumi terancam. Saatnya kita menyelamatkan bumi!
cheerful
Bersepeda adalah salah satu jawaban sederhana dari permasalahan tersebut. Tidak perlu saling menunggu satu sama lain. Mulai dari kesadaran diri sendiri, setidaknya untuk jarak dekat biasakan bersepeda. Apalagi hanya untuk lingkup kampus, tidak ada masalah kan untuk bersepeda. Tanpa menghasilkan asap, tanpa mencemari udara, mudah dan murah, bersahabat dengan bumi, aksi nyata kita.

Mulai dari sekarang mari bersepeda dan nikmati bumi ini :)

2 comments:

  1. I've tried..

    Naik sepeda, sehat dan menyehatkan...
    Naik sepeda, lebih enjoy & fun...

    ReplyDelete
  2. wah bagus nih idenya bersepeda bisa menyelamatkan bumi dari gozilaaa!! :DD kalau gitu ayo kita sama-sama naik sepeda! gozila aj bisa dikalahkan apalagi hanya es yang mencair. hhe.. *salam gowes!

    ReplyDelete