Friday, April 12, 2013

Palu, Bumi Tadulako yang Luar Biasa : (2) Yang Unik

1. Angkot ?
Kalo di Bogor angkutan umum buat keliling kota ada angkot yang bejibun sama transpakuan, sedangkan di Palu sedikit berbeda, angkutan umum di sini orang bilangnya taksi sama argo. Apa nih maksudnya?

Taksi
Taksi adalah sebutan untuk angkot, angkot/taksi di sini jurusannya tidak menentu. Suka - suka si sopirnya, lah? Iya, jadi jurusan angkot/taksi di sini fleksibel, misal kalo mau ke daerah A, bilang sama sopirnya, kalo sopirnya mau lewat situ ya hayuuk, kalo nggak ya cari yang lain. Hehe unik ya, karena itu kali dibilang taksi, bisa ke mana - mana semau anda asal cucok sama sopirnya hehe.
Trus warnanya biru muda kaya taksi blue bird. Apa ini versi angkotnya yah, blue chicken? hadeh haha

Argo
Argo adalah sebutan untuk taksi (taksi yang sebenernya yah). Hmm masuk akal juga sih, kan taksi pake argo. Jadi orang bilangnya argo


angkot Palu : blue sky kaya blue bird


2. Suguhan Minuman
Kalo kita makan di warung - warung nih, kan biasanya kalo pas kita pesen makan, dikasih minum geratis gitu kan. Misal nih ya

Kalo di sunda, suguhannya minuman teh tawar
Kalo deket kampus suguhannya minuman aer putih biasa
Kalo di jawa ga disuguhin :hammer:

Nah kalo di Palu, suguhannya air putih + es = air dingin
Yaps, banyak tempat di Palu, baik itu di warung makan atau pas kita berkunjung ke rumah orang suguhannya adalah banyu ancles alias air dingin. Ga tau kenapa ya, barangkali kondisi Palu yang terletak di sekitar garis equator menjadikannya kota yang cukup panas sehingga masyarakat cenderung mengkonsumsi air dingin. Hmm masuk akal sih hehe


banyu ancles


3. Gapura
Kalo di Jawa Timur, di gerbang rumah terdapat gapura dari tembok, yang biasanya ada lambang pramuka sama lambang Jatim, trus ada tulisan dua anak cukup :D (tapi sekarang udah mulai hilang). Kalau di Palu, juga memiliki gapura di depan gerbangnya, namun terbuat dari kayu. Hmm sepertinya ini merupakan semacam adat atau sejarah di daerah Palu.


4. Bahasa
Ya emang local language di Indonesia sangat unik dan beraneka ragam, tapi tidak ada salahnya untuk share beberapa bahasa yang digunakan oleh masyarakat kaili di sini.

Kita
Kita artinya kamu. Nah beda ama yang biasa kita pakai kan, kalo kita, orang Palu menyebutnya kita orang = torang. Jadi jangan salah ya, hehe

Bensing? Makang?
Hehe pertama liat ada tulisan jual bensing di pinggir jalan. Ternyata orang Palu kalau menyebut kata dengan akhiran -n cenderung mengucapkannya dengan -ng.

8 comments:

  1. wah iya tuh di lampung juga angkotnya "suka-suka abangnya" paling nggak bisa dah gw naik angkot begini, pasti nyasar. paling enak emang angkot di jakarta :DD biar butut tapi jalurnya runtut hhe

    ReplyDelete
  2. hai hehe...dikit info lagi yah..

    angkot? iya kalau di Makassar di sebut "pete-pete" di Palu namanya taksi, karena dulu di atas angkot ada neon box tulisan taksi.
    warna biru karena dulunya angkot warna warni. untuk penyeragaman saja.

    kalau gapura sih lebih karena untuk ciri khas daerah aja. tp sebagian kantor udah gak pakai tuh.

    oha ya untuk bahasa. Di Palu logat/dialeknya sebenarnya lebih ke logat Manado. Logat Makassar/Bugis (orang Palu bilangnya logat Selatan - Sulawesi Selatan) juga menjadi bagian logat sehari-hari. Tapi umumnya orang Palu menggunakan logat campuran.
    Ada perbedaan arti "Kita" dalam logat Manado dan Bugis/Selatan. Kita dalam Manado artinya saya, aku. Dalam bahasa Selatan, Kita artinya kamu (sopan).
    Kalau akhiran N menjadi NG, itu terjadi pada Suku Bugis/Makassar saja. Di sebut dengan "okots"

    Kita Orang = Kitorang, Kamu orang = kamorang, saya tidak mau = sate'mau. Ini di pengaruhi dari logat Manado. Suka memendekkan kata.

    Ok...makasih sudah jalan2 dan post jalan2nya ke Palu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makin nambah wawasan nih hehe :)
      kapan2 kalo saya main ke Palu lagi temenin ya hehe

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Thanks utk info nya, rencana Jumat 22 Nov dari Jakarta saya mau kesana, tolong referensi nya dong soalnya baru pertama kali ke palu nih. Tq

      Delete
    4. bisa mas, tapi terbatas hehe soalnya saya juga baru sekali doang

      Delete
  3. gan minta referensi dong orang sunda yang ada di palu.. ane udah lama di palu cuma sedikit orang sunda yang ada disini, itu juga cuma kontraktor yang cuma paling lama 2 tahunan..

    ReplyDelete