Monday, July 16, 2012

Museum di Bogor



museum perjoangan bogor
monumen & museum pe


Bogor sangat terkenal dengan wisata alamya, mulai dari curug sampai gunung ada. Selain itu seperti halnya kota metropolis lain, pusat perbelanjaan juga tersebar di seantero Bogor, begitu juga cafe – cafe dan tempat – tempat lain yang sering menjadi jujugan orang – orang untuk melepas penat. Tapi tahukah kalian kalau di Bogor juga ada wisata sejarah, salah satunya adalah museum. Setahu saya Bogor memiliki 2 museum, yaitu Museum Pembela Tanah Air (PETA) dan Museum Perjuangan Bogor 10 November 1957. Museum PETA terletak di jalan apa lupa saya, yang pasti di antara air mancur dan Rumah Sakit Salak, di dekat Kodim Kota Bogor. Sedangkan museum perjuangan terletak di depan Pusat Grosir bogor (PGB).
 
 1. Museum PETA

 Untuk memasuki museum PETA pengunjung tidak dikenakan biaya. Namun biasanya pengunjung ditemani oleh guide. Kalau saya kemaren berkunjung pas tengah hari, ketika pegawai dan guidenya lagi istirahat. Setelah saya ngobrol – ngobrol sama kepala museumnya, saya diperbolehkan masuk dengan ditemani seorang pegawai ( bukan guide ). Kepala museumnya itu bilang kalo lihat – lihat di dalam museum harus ada yang nemenin, soalnya banyak koleksi museum yang berharga. Saya pun mengiyakan aja.
monumen
Museum ini dari luar terlihat cukup besar. Dengan ada halaman depan dan belakang. Namun ternyata ruangan museumnya tidak terlalu besar. Karena memang letaknya berbatasan langsung dengan area untuk tentara. Di bagian depan museum terdapat patung pahlawan dan 2 buah tank. Sedangkan di belakang terdapat monumen dan terdapat nama – nama prajurit PETA se Indonesia menurut regionalnya. Museum ini memiliki 2 gedung, gedung pertama berisi tentang perjuangan Indonesia selama masa penjajahan dan ketika merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Sedangkan di gedung kedua berisi tentang konsisi Indonesia setelah masa kemerdekaan. Di museum ini terdapat diorama – diorama mengenai sejarah Indonesia. Selain itu di museum ini juga terdapat berbagai senjata yang digunakan dalam peperangan merebut kemerdekaan. Seragam – seragam prajurit Jepang juga ada dalam museum ini. Poster kemerdekaan serta replika tandu yang digunakan untuk membawa Jenderal Sudirman sewaktu melakukan perang gerilya juga terdapat di sini. 
 
senjata
tank


2. Museum Perjoangan Bogor

Berbeda dengan museum PETA, untuk museum perjoangan kita dikenakan biaya masuk sebesar 3000 rupiah. Museum ini tidak sebesar museum PETA, tempatnya cukup kecil namun memiliki 2 lantai. Museum ini berisi mengenai perjuangan masyarakat Bogor dan sekitarnya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Hampir sama dengan museum PETA, di lantai satu museum perjoangan ini banyak berisi senjata – senjata yang digunakan pada masa kemerdekaan. Selain itu juga terdapat potongan surat kabar dan uang yang digunakan di masa kemerdekaan. Sedangkan di lantai dua terdapat berbagai pakaian yang dikenakan para pejuang bangsa, termasuk seragam BKR ( Badan Keamanan Rakyat ). Selain itu juga terdapat berbagai benda yang digunakan pada masa kemerdekaan seperti keris, kujang, pedang, serta mesin ketik pun juga terdapat di museum ini.
pahlawan
mesin ketik





 Memang museum bukan merupakan wisata favorit kebanyakan orang. Ketika saya berkunjung di kedua museum tersebut, hanya saya seorang lah pengunjung yang datang. Namun setidaknya dengan mengetahui sejarah kemerdekaan bangsa ini dapat meningkatkan kebanggaan kita terhadap tanah air serta dapat lebih menghargai jasa para pahlawan bangsa. Karena...
 
"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya"

No comments:

Post a Comment