Friday, September 16, 2016

Wisata Kalibiru Ngayogyokarto

Wisata Kalibiru
Jogja memang terkenal akan wisatanya, baik wisata belanja terutama di area malioboro serta wisata budaya.  Secara di jogja ada kraton, banyak candi-candian, bahkan salah satunya pernah masuk di daftar keajaiban dunia, yakni Candi Borobudur. Wisata alam pun gak kalah rame juga. Kalo dulu jaman SMP sekitar tahun 2000an kita ke Jogja, paling wisata alamnya ke pantai Parangtritis. Kalo sekarang lebih banyak lagi pantai yang bisa dijangkau di area Jogja bahkan deretan pantai yang keren-keren. Tidak hanya Parangtritis, sekarang mulai terkenal pantai Indrayanti, Kukup, Depok, Glagah, dan panta-pantai lain di wilayah Jogja terutama daerah gunung Kidul dan Sekitarnya.

Jaman sekarang, klop deh tempat wisata dan media social. Ketika dua hal itu melakukan fusion, maka yang terjadi adalah tempat wisata yang makin dikenal oleh masyarakat modern seperti kita-kita ini. Salah satu korban fusion itu adalah Wisata Kalibiru yang ada di Kabupaten Kulonprogo, Jogja.

Pertama kali terkenal, mungkin maksudnya saya pertama kali mengenal wisata ini dari foto yang ada di Instagram. Taunya sih cuma foto keren kayak teras dari kayu yang ada di atas pohon, jadi bisa ngeliat pemandangan yang MasyaAllah. Tapi nggak terlalu merhatiin tempatnya dimana. Cuma keren aja sih kayaknya. Kayaknya.

Baru deh tau tempatnya yg sebenarnya ketika main ke Purworejo, ke rumah Juragan Mamet.
Saya diajakin ke Kalibiru. Pertama sih mampir ke Pantai Glagah dan nyusur sebentar. Sebenarnya bagus sih, pantai Glagah, tapi panas munyengat silau dimana-mana. Tapi bagus, ada spot buat santai-santai di bawah pohon rinduang. Sebentar aja sih di Pantai Glagah soalnya memang cuaca lagi panas-panasnya. Langsung lah kita geser ke Kalibiru.

Pantai Glagah di bawah pohon rinduang

Perjalanan dari Pantai Glagah ke Kalibiru nanjak dan berkelok. Soalnya kita start dari pantai menuju ke daerah tinggi. Di tengah perjalanan kita ketemu sama waduk di tengah hutan. Entah waduk apa namanya tapi bagus dan sejuk seger udaranya.

Waduk di tengah perjalanan
Ternyata nih tempatnya ya cukup bagus lah, enak, di daerah tinggi. Banyak fasilitasnya. Waktu itu rame banget soalnya lagi tanggal merah. Ada beberapa spot memang, spot foto yang tempat itu tadi sama ada kayak fasilitas semacam mini outbond. Ya, bisa ditebak yang rame pengunjungnya adalah spot foto yang itu tadi. Duduk di teras kayu di atas pohon sambil lihat pemandangan. Jepret jepret. Jadi lah foto yang keren kayak di Instagram itu.

Panorama di Kalibiru
Di sana kalo gak salah ada sekitar 6 spot atau berapa gitu buat foto semacam itu. Tapi ya seperti kata pepatah di dunia ini gak ada yang gratis. Info dari Juragan Mamet masuk area bayar 10rb, kalo weekday paling 5rb. Kalo foto bayar lagi. Waktu itu sih bayarnya kalo ga salah 20rb dapet 4 Jepretan. Udah gitu aja sih sebenernya menang di foto-foto yang bagus di spot yang keren. Tapi memang pemandangannya super banget lah bisa bikin hati jadi adem. Apalagi sama kamu. Ahay. Iya Kamu

Oiya untuk safety nya top lah. Jadi orang yang naik harus ditali kayak harness tapi lebih sederhana sih. Jadi keamnannya terjamin lah, kalo jatuh bisa masih tergantung tali. Cuma ya di hasil fotonya kurang maksi dikit lah hehe tapi tetep yaa.. Safety first. Cuma kalo pake hape biasa ya hasilnya agak kurang bagus. Kaya kita sih gak modal cuma pake hape jadi ya hasilnya harap maklum. Kalo pake kamera bagus pasti hasilnya juga bagus. Gun behind the result.

Spot foto di Kalibiru yang pake bayar tapi bagus
Kalibiru bisa ditempuh sekitar 1 jam an dari Kulonprogo. Banyak penunjuk arah kok. Atau kalo nggak tanya warga juga bisa. Atau pake GPS juga bisa hehe anak sekarang kan canggih-canggih.

Jalan menuju ke sana.. Pemandangannya ajiibb...

Selamat jalan-jalan jangan lupa jaga kesehatan.


No comments:

Post a Comment