Friday, February 5, 2016

7 Macam Produk Hasil Olahan Surimi


Produk olahan surimi (qlfoods)
Surimi merupakan produk intermediate, maksudnya adalah surimi sebenarnya bukan merupakan hasil akhir dari suatu proses pengolahan ikan. Surimi adalah bahan antara, sebagai bahan baku untuk pembuatan produk olahan surimi. Produk dengan bahan baku ikan, terutama ikan berdaging putih dapat menggunakan surimi sebagai bahan bakunya.

Surimi disimpan dan diperjual belikan dalam bentuk beku / frozen. Sebelum surimi diolah maka terlebih dahulu harus di thawing/dicairkan atau dipotong kecil-kecil. Selanjutnya surimi bisa dicampurkan dengan bahan lain dan dimasak sesuai dengan proses produksinya.

Pada umumnya produk olahan surimi merupakan makanan yang digemari oleh masyarakat Asia, terutama Asia Timur seperti Jepang, Korea, Taiwan, dll. Namun produk olahan surimi kini telah berkembang menjangkau ke berbagai belahan dunia. Produk ini merupakan produk yang ready to eat maupun ready to cook. 

Beberapa produk olahan surimi antara lain :

1.  Kamaboko

Kamaboko (discovernikkei)
Kamaboko merupakan olahan surimi yang banyak diolah di Jepang. Pasta surimi, dibentuk seperti gundukan diatas papan kayu. Biasanya permukaan surimi tersebut diberi pewarna sebagai daya tarik. Kemudian surimi tersebut dipanaskan dengan suhu rendah (sekitar 20-40oC). Pemanasan dengan suhu rendah ini bertujuan untuk meningkatkan sifat kekenyalan kamaboko. Selanjutnya kamaboko tersebut dimatangkan dengan dikukus atau dipanggang. 

Kamaboko yang diproses dengan dikukus biasa disebut mushi kamaboko,
yang banyak diproduksi di wilayah timur Jepang, terutama di Odawara City. Sedangkan kamaboko yang dipanggang disebut sebagai yaki-ida yang banyak diproduksi di wilayah barat Jepang. Kamaboko yang telah matang kemudian diiris dan selanjutnya bisa disantap bersama saus atau makanan yang lain.



2.  Chikuwa

Chikuwa (kmlfood)
Chikuwa merupakan olahan surimi yang berbentuk seperti pipa atau stick yang tengahnya bolong. Surimi dibentuk membungkus suatu stick stainless atau kayu kemudian dipanggang secara memutar. Chikuwa yang telah matang akan terlihat hasil panggangan di tengahnya yang berwarna kuning kecoklatan.

3. Satsuma age / Tenpura

Satsuma age (welcomekyushu)
Satsuma age bisa disebut tenpura, atau banyak dari kita yang menyebutnya tempura. Tempura sudah terkenal di Indonesia. Banyak penjual jajanan anak kecil yang menjual tempura. Ya sama seperti jajanan tersebut, tenpura atau Satsuma age merupakan surimi yang digoreng. Biasanya surimi dicampurkan dengan bahan lain seperti udang, cumi, sayuran, dll kemudian dibentuk dengan majam-macam bentuk kemudian digoreng. Pada proses pengolahan yang lebih expert biasanya menerapkan dua proses, precooking dan final cooking. Misalnya boiled-fried, steamed-fried, ataupun fried-fried. Dua tahap proses ini digunakan untuk meningkatkan kekenyalan tenpura yang dihasilkan. Pada umumnya proses awal menggunakan suhu yang lebih rendah daripada final proses.

4. Hanpen

Hanpen (greggman)
Hanpen merupakan olahan surimi yang bertekstur lembut dan kenyal seperti marshmallow atau soft tofu. Dalam pembuatan hanpen perlu adanya pencampuran surimi dengan polisakarida atau gum sebagai stabilizer. Bahan yang digunakan umumnya adalah ubi jalar ataupun bahan lain. Campuran surimi tersebut dimasak dengan direbus dalam air panas yang tidak sampai mendidih untuk menghasilkan tekstur gel yang lembut

5. Fishball

Fish ball & friends (kmlfood)
Seperti namanya, fish ball merupakan bakso ikan. Cara pembuatannya pun sama seperti pembuatan bakso biasa, hanya saja menggunakan daging ikan. Dalam hal ini daging ikan diganti dengan surimi. Namun tidak hanya bakso jenis fish ball saja yang biasa diproduksi namun juga varian lain seperti lobster ball/bakso lobster, shrimp ball/bakso udang, crab ball/bakso rajungan, squid ball/bakso cumi, dll

6. Crabstick

Crab stick (kmlfood)
Banyak olahan surimi lainnya seperti crabstick, produk olahan yang sudah mulai terkenal. Crabstick sebenarnya tidak sesuai dengan namanya, stik kepiting/rajungan. Crabstick merupakan imitasi crab yang terbuat dari surimi dan diberi pewarna merah agar menyerupai kepiting. Crabstick banyak digunakan sebagai isi sup (shabu-shabu) ataupin sebagai isian sushi.

7.  Dll


produk hasil olahan surimi (youralaskaguide)
Masih banyak produk olahan surimi yang lainnya, karena surimi sebagai bahan baku, maka bisa diproses menjadi makanan apapun berbasis ikan. Scallop, nugget ikan, fish cake, dan banyak jenis lainnya.


1 comment: