Saturday, August 23, 2014

Trekking Ceria : Kawah Ratu

pinus merkusii

Sekitar dua bulan setelah main ke Bandung anak-anak tin47 main lagi ke Kawah Ratu. Berawal dari obrolan di wa akhirnya kita berangkat pagi-pagi agak siang dikit. Kawah Ratu sebenarnya merupakan jalur pendakian ke Gunung Salak dan berlokasi di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Yakali dong sekian tahun kuliah di Bogor tapi belum pernah coba main ke sini hehe. Sebelum berangkat saya coba cari jalur gps ke kawah ratu, biar gak nyasar gitu ceritanya. Oia jalur ke Kawah Ratu dari gunung salak endah ini bisa dilanjutin menuju puncak Gunung Salak, jalur ini namanya Pasir Reungit, lumayan deket dari Bogor, daripada lewat Cidahu atau jalur lain. Tapi jalur ini kalo ke puncak sih kayaknya muter jadi kayaknya agak jauhan dikit laah..


jalur pendakian gunung salak


Kita sampai di gerbang pendakian sekitar dhuhur lah. Kemudian registrasi dulu di posnya. Nah ini, di sini nih. Kata Tino, kawan kita yang sebelumnya pernah kesini, ga pake guide sih oke oke aja. Cuman waktu itu udah siang, jadi kata bapaknya harus pake guide. Segala alesan udah diutarakan kalo we'll be fine without guide, tapi bapaknya tetep ngeyel, jadi yaaa sudah deh males debat kusir akhirnya kita pake guide, yang gak tau beneran guide resmi atau nggak dan harus bayar sekitar 100rb kalo ga salah. Yaaaaa itung-itung ada yang tanggung jawab di atas kita laaah.

Jalur menuju Kawah Ratu benar benar mencerminkan Indonesia sebagai rainforest. Hutannya rapet, enak, sejuk, tapi kabarnya sih sering banget ujan, meskipun musim kemarau sekalipun. Nunu ngirain kalo Kawah Ratu tuh modelnya sebelas duabelas sama Kawah Putih yang di Bandung. Namun ia tercengang ketika harus melewati jalur yang menantang dan menggairahkan serta melelahkan. Lumayan lama sih perjalanan, sekitar 2-3 jam, sambil foto-foto pula. Sampai di lokasi pemandangannya subhanallah sekali. Panas kering kerontang. Banyak uap-uap belerang menyelimuti.

Setelah bosen di sana, dan gak enak sama mas guide yang udah nungguin lama, akhirnya kita cabut pulang deh. Sempet ada kejadian yang mengagetkan. Jaket SSnya Tiwi, yang dia jadi lurahnya tiba-tiba ilang tanpa dia sadari. Namun dalam perjalanan pulang akhirnya jaketnya dapat ditemukan. Yah kira-kira dia keasikan foto-foto lah jadi perhatian terhadap jaketnya teralihkan sehingga lupa naroh.

Oiya, pas baru sebentar jalan pulang saya melihat semacam danau, tapi tempatnya agak jauh. Mau ke sana tapi udah sorean. Jadi yah diliat aja deh. Eh tapi itu beneran danau atau cuma genangan air sahaja ya? ah sudahlah nanti kapan-kapan dicek lagi.

tuh yg keliatan kayak danau

Di perjalanan pulang kita gelar karpet dulu, isoma ceritanya. Mas guide nungguin di depan nggak keliatan. Mas guidenya sih jalannya cepet dan di depan, yaudah biar masnya ikutin gaya kita aja yang jalan santai kaya di pantai. Di tengah jalan akhirnya bressss...... hujan turun. Berselimut flysheet, saya berjalan bersama Novkur yang berselimut trashbag dan juga Tino yang berselimut apa ya saya lupa. Jalur yang kita lewati tiba-tiba BERUBAH!. Berubah menjadi sungai. Fiks deh basah-basahan total kita.
Sampai di basecamp bawah udah gerap gurita, udah maagrib. Karena perut yang krucuk-krucuk berontak, akhirnya sebelum balik kita masak dulu untuk mengisi tenaga. Setelah semua perut terisi, akhirnya kita cuss pulang sambil menggigil kena angin malaaammm.

Ntar kapan-kapan mau naik ke Salak lewat sini, secara lumayan deket dari kamfus.


tracknya nih



rainforests

nyebrang kali, keren ya fotonya


ini nih kawah ratu yang berasep asep

No comments:

Post a Comment