Wednesday, April 16, 2014

Giving and Giving

Sebelumnya, silakan saudara nikmmati video berikut.


Ya, it's all about giving. Memberi. Memberikan sesuatu yang berguna bagi orang lain maupun lingkungannya. Mungin segelintir di antara kita setelah melihat video tersebut merasa pesimis. 

"Ah paling-paling di kenyataan pengemis itu nggak sekolah, bahkan makin kenceng minta-minta. Secara tinggal duduk doang ada orang yang rutin ngasih duit. Apalagi di Indonesia ini"

Nah, kalau kita berpikir demikian, mungkin kita tidak akan pernah melakukan yang namanya memberi. Setiap kita akan memberikan sesuatu, muncul pikiran negatif di benak kita. Selalu menyangsikan apa yang akan kita berikan. Kalau demikian, ga bakal deh kita jadi manusia yang ahli memberi.



عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ الله ُعَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اْليَدُّ اْلعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ اْليَدِّ السُّفْلى . فَالْيَدُّ اْلعُلْيَا هِيَ اْلمُنْفِقَةُ وَ اْليَدُّ السُّفْلى هِيَ السَّائِلَةُ ( متفق عليه )

Dari ibnu Umar Ra. sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda :"Tangan di atas itu lebih baik dari pada tangan di bawah. Tangan yang di atas itu adalah yang memberi dan tangan yang di bawah itu adalah yang meminta" (Mutadaq Alaih)

Kalau rumus matematika 10 - 5  = 5; itu hanya di matematika saja. Untuk ilmu Allah beda lagi.
10 - 5 = 60; bisa juga 10 - 5 = 3510; wallahualam
Lah, begimane ceritanye? Kalau kita punya 10 kemudian kita sedekahkan 5, maka yang 5 akan dibalas oleh Allah berkali - kali lipat, bisa 10x, bisa 700x, wallahualam.
Jadi, nggak ada tuh ceritanya memberi dan memberi, sampai jadi miskin, yakin deh. Kita harus yakin sama Allah. 

Yang perlu diingat adalah yang menyertai pemberian kita. 
Pemberian kita harus disertai dengan keikhlasan, hanya meminta balasan dari Allah, tidak butuh balasan dari yang kita beri. Pemberian kita harus bebas dari pamer atau riya, tidak perlu diceritakan sana sini hanya untuk mendapat pujian.

Ingat, memberi itu tidak cuma memberi duit, banyak kok yang bisa kita berikan, pikiran, tenaga, saran, dan lain-lain yang dapat membantu orang lain. Ketika memberi, sisipkanlah doa, barokallah, semoga Allah selalu memberkahi.

Sesungguhnya harta yang kita miliki adalah titipan dari Allah. Gak bakal kita bawa harta sampai ke akhirat. Jadi peliharalah harta sebaik-baiknya :)
Semoga kita merupakan manusia yang ahli memberi, ahli sedekah, ahli infaq. Semoga kita selalu mendapat rizki yang halalan thayyiban aamiin
Simple, giving and giving.

No comments:

Post a Comment