Sunday, February 24, 2013

Surabaya Kota Pahlawan

Sebenernya ini saya ke surabaya udah lama, sebelum saya pergi ke Ijen kemaren. Nah saya kira saya udah posting tentang Surabaya, namun setelah saya cek ternyata belum ada, hehe makanya postingan ini mau bahas sedikit tentang Surabaya.

Oke Surabaya memiliki julukan kota Pahlawan dan merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Pasti masalah utama kota besar adalah panas, macet, banjir, dll haha tapi saya ga akan bahas itu lah

Kemaren sebelum ke Ijen saya sempat sehari jalan - jalan di Surabaya. Namun saya hanya sempat mengunjungi 3 tempat, yaitu masjid Nasional Al Akbar, Tugu Pahlawan, dan House of Sampoerna.

Masjid Nasional Al Akbar

Masjid ini merupakan masjid yang terbesar di Jawa Timur dan terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid ini terletak di dekat jalan tol Surabaya - Porong. Jadi apabila teman - teman melintas di jalan tol tersebut pasti dapat melihat kemegahan masjid ini. Di masjid ini juga terdapat perpustakaan Islam. Saat itu setelah sampai di Surabaya dari Pare saya menyempatkan sholat ashar di masjid ini. Di sini saya sempat ketemu saudara saya di sini hehe tapi ga sempat mampir di rumahnya, maap ya bude. Masjid ini memiliki kubah yang cukup unik yakni berbentuk seperti telor. Seperti di masjid - masjid besar lainnya, masjid ini juga terdapat menara. Sepertinya dari menara tersebut bisa melihat pemandangan kota Surabaya namun sayang saya ga sempat naik ke menaranya. Sejak diresmikan pada tahun 2000 tapi saya baru pertama kali mengunjunginya pada tehun 2012 kemaren hehe padahal Pare - Surabaya deket dah.









Tugu Pahlawan

Sebenarnya saat mau kesini sudah tutup, FYI kalo ga salah bukanya jam 7 pagi - 3 sore. Nah saya datangnya di atas jam 3 sore sih, tapi untung masih dibolehin masuk. Saat mau masuk ke kawasan ini saya ditanya oleh bapak penjaganya, kira - kira percakapannya gini
P : mau ngapain?
S : ya berkunjung aja pak, pengen tau tugu pahlawan
P : terus?
S : yaa mau liat - liat aja sih pak
P : ooh mau foto - foto?
S : yaa iya juga sih pak
P : yaudah silakan
S : -__- iya pak makasih
(jadi kalo ditanya, jawab aja mau foto - foto, beres. haha)

Ini nih ikon nya kota Surabaya. Sesuai dengan julukannya sebagai kota pahlawan di Surabaya terdapat semacam monumen, yang beerjuluk tugu pahlawan. Yap, tugu ini merupakan tugu yang dibangun untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 di Surabaya antara masyarakat Indonesia khususnya arek Suroboyo melawan londo (Belanda) yang mau menjajah lagi. 

Di area ini terdapat patung Bung Karno dan Bung Hatta yang sedang membacakan naskah proklamas. Selain itu di sini juga terdapat mobil yang digunakan oleh Bung Tomo, salah satu pahlawan yang berasal dari Surabaya. Di kawasan tugu ini juga terdapat museum mengenai perjuangan rakyat Surabaya, namun saya tidak berkesempatan masuk karena museumnya sudah tutup karena saya datang sudah cukup sore.

Selain itu di area ini juga terdapat mobil yang sering dikendarai oleh Bung Tomo di masanya, yaitu mobil Opel Kapitan. Yak Kapitan = Kapten lah cocok sama bung Tomo ini hehe








House of Sampoerna

House of Sampoerna merupakan sebuah museum. Sampoerna? yap, museum ini merupakan milik sampoerna pabrik rokok itu. Masuk ke HOS ini ga pake bayar, gratis. Terdapat banyak hal mengenai rokok di museum ini, terutama sejarah rokok sampoerna mulai dari jaman dulu sampai sekarang. Termasuk alat - alat yang buat ngelinting dan alat lainnya. Di lantai 2 museum ini teman - teman bisa membeli macam - macam merchandise dari HOS mulai dari kaos sampai pernak - pernik lainnya.

Selain museum, di lokasi ini juga terdapat A cafe, kalo lagi cape laper haus. Selain itu juga terdapat Gallery seni yang setiap periodenya menggunakan tema tertentu. Sebenarnya tempat ini sangat unik dan menarik namun areanya yang relatif kecil.

Oiya, HOS ini juga menyediakan SHT, Surabaya Heritage Track, yakni fasilitas untuk jalan - jalan di kota Surabaya mengunjungi tempat bersejarah seperti tugu pahlawan, balai pemuda, dll menggunakan armada dari HOS dan gratis juga. Biayanya gratis kok, tapi teman - teman harus cek jadwal berangkat SHT tersebut, di web nya ada kok. Namun kemaren saya belum sempat merasakan SHT karena terlalu sore saya datengnya jadi jadwalnya udah habis.





Sebenarnya masih banyak lagi tempat yang bagus untuk dikunjungi di Surabaya, ada Suramadu, ada Gelora Bung Tomo, dan tempat lainnya, next time saya post lagi deh hehe. Oiya makasih juga buat ranti udah jadi tourguide di Surabaya hehe

No comments:

Post a Comment