Senin, 19 November 2012

Taman Bunga Matahari ?




Awalnya sempet bingung dengan tempat wisata yang ada di dekat daerah Puncak Bogor ini. Saya pikir namanya Taman Bunga Matahari eh ternyata di dekat Puncak ada dua tempat wisata semacam ini, yakni Taman Wisata Matahari dan Taman Bunga Nusantara. Baru ngeh setelah cari info, maklum wong ndeso, hehe. Jadi Taman Wisata Matahari lebih seperti waterpark sedangkan Taman Bunga Nusantara itu semacam taman bunga lah.

Karena lagi males basah - basahan, jadi saya memutuskan untuk mengunjungi Taman Bunga Nusantara saja. Tempat ini sebenarnya bukan di daerah Puncak, namun lebih tepatnya berada di daerah Cipanas, Cianjur. Jadi setelah melewati Puncak kita belok ke arah kiri dan masuk sekitar 10km an lah. Tenang saja, karena tempat ini begitu terkenal, cukup gampang untuk menuju tempat ini karena terdapat banyak plang penunjuk arah untuk menuju TBN. Yah meskipun jalannya agak jauh dan sedikit rusak.


Oke untuk tiket masuk bervariasi, ada yang masuk dengan jalan kaki, ada juga yang naik semacam kereta. Namun untuk kereta ada jadwal masuknya. Memang taman ini begitu luas jadi disediakan kereta bagi yang merasa males atau capek jalan kaki. Nah, berhubung saya lagi males nungguin jadwal kereta, masih muda ,masih kuat ,dan masih bersemangat serta tiket dengan kereta yang lebih mahal. Maka saya memutuskan untuk masuk dengan jalan kaki aja dengan tiket masuk seharga Rp 25.000 dan mendapat sebuah peta harta karun.
Yap, para pengunjung diberikan peta karena taman ini memang sangat luas. Mungkin pengelolanya takut pengunjung tersesat kali ya..

Oke jadi di taman ini terdapat banyak spot - spot menarik. Ada jam raksasa, sebelumnya ketika saya searching, saya pikir jam raksasa itu seperti jam Big Ben yang ada di London. Eh tak taunya bukan bangunan seperti itu, tapi jamnya horizontal menghadap ke atas. Kalau masih bingung mending dateng aja langsung  :D

Berbagai macam taman dengan nama daerah lain terdapat di sini. Terdapat taman dari berbagai belahan dunia terdapat di taman ini. Mulai dari taman Belanda, taman Jepang, taman Amerika, taman Mediterania, tamanan, Taman Ringin Budho, dan taman - taman lainnya. Kalau saya bilang sih taman dari berbagai negara - negara di dunia ini bukan menampilkan jenis bunga nya, ya kali di Indonesia bisa tumbuh semua jenis bunga yang ada di duni. Pasti iklim, suhu, dan segala macemnya juga berpengaruh ( ceileh.. ) Jadi ini seperti settingan tamannya yang dibuat mirip dengan negara asalnya. Juga ada beberapa tanaman yang memang berasal dari sana dapat tumbuh di sini.


Selain taman - taman negara, juga ada spot - spot lainnya, seperti taman air, air mancur bermusik (lupa saya namanya), menara pandang, taman labirin, dll. Sebenarnya taman labirin cukup menarik. Hanya saja, karena pasti akan berputar - putar berpusing - pusing disitu mending nggak deh, tar capek, hehe. Oiya, di atas menara pandang kita bisa melihat taman labirin loh. Jadi dari situ kita bisa melihat jalur - jalur yang ada di taman labirin. Bahkan saya melihat seorang ibu di atas menara pandang, nah anaknya lagi di taman labirin. Mereka berdua telfon - telfonan coba tereak - teriak pula. Tapi bener juga sih biar keluarnya cepet, jadi minta petunjuk ama yang di atas menara pandang :D

Yap, begitulah sekelebat :D tentang Taman Bunga Nusantara. Yang pasti, disana ijo ijo ijo, warna warni, adem, sejuk, pas buat temen - temen yang lagi ingin refreshing sekedar melepaskan penatnya kehidupan keras di kota. Kalo penasaran mending langsung datengin aja deh :D






5 komentar: