Friday, April 8, 2011

Single Day Backpacking

Mungkin bagi teman – teman yang memiliki waktu sempit untuk refreshing, bisa baca tulisan saya yang masih berantakan ini.

Liburan UAS, saya dan 2 orang teman dari Kediri ( Arizka dan Syahrizal ) akan balik ke kampung halaman, namun kami memutuskan untuk mampir ke Jogja terlebih dahulu untuk liburan. Tidak lama sih, hanya seharian penuh, maka dari itu kami menyebutnya single day backpacking :D. Dari Bogor, kami berangkat ke Stasiun Tanah Abang dengan KRL hari Sabtu pukul 16.30, sebenarnya kami berniat menaiki kereta ekonomi yang murah meriah, tapi karena waktu yang mefet, keburu mengejar kereta jam 18.30 akhirnya kami memutuskan naik Ekspress yang lebih mahal. Sampai stasiun kami segera membeli tiket KA Bengawan jurusan Solo Jebres dan kami turun di stasiun Lempuyangan Jogja.

Sampai di Jogja pukul 7 pagi langsung bersih diri. Tujuan pertama kami adalah Candi Prambanan. Sebelumnya kami bertanya kepada bapak yang ada di mushola, halte Trans Jogja terdekat untuk menuju ke Candi. Kami pun berjalan kaki, tak lama sih, menuju ke halte yang berada di SMP 5. Dari halte tersebut kami naik Trans Jogja 2B dan transit di halte SGM untuk oper ke trayek 1A menuju Prambanan. Ongkosnya murah meriah, Cuma 3000 sampai tujuan, jadi meskipun harus oper trayek, kita hanya bayar 3000 saja. Sampai halte prambanann, setelah makan kami segera menuju ke kompleks Candi Prambanan. Kompleks Candi Prambanan terdiri dari berbagai candi dan saya tidak ingat ada apa aja :D dan ada juga museumnya. Namun setelah mengitip dari luar, dan kesannya tidak meyakinkan , kami tidak jadi masuk. Setelah keluar dari candi, kami segera mencari warung.
Di warung tersebut kami bertemu seorang bapak yang pernah tinggal di Kediri. Beliau juga seorang petualang, dan beliau sangat senang berkendara sepeda ke mana mana. Terakhir, beliau bersepeda ke merapi. Oke setelah itu, kami sholat Jumat dulu di Masjid.

Setelah itu kami segera menuju halte Prambanan dan naik trayek 1A menuju Malioboro. Turun dari halte, kami menuju Benteng Vredeburg. Cukup mengeluarkan kocek 2000 untuk memasuki area benteng. Namun sayang, tidak lama setelah kami masuk area benteng, hujan turun dengan derasnya.

Setelah kami menunggu sebentar dan tak kunjung reda, kami memutuskan cabut ke Taman Pintar. Di tempat tersebut juga ada semacam monumen gong pemersatu Indonesia dan katanya terdapat tanah dari semua provinsi di Indonesia. Setelah itu kami mencari mushola dan shalat ashar.

Malam harinya, saatnya jaln jalan di kawasan Malioboro sambil mencari oleh – oleh wajib dari jogja, bakpia :D kemudian pukul 20.30 kami segera naik trans Jogja dan lagi – lagi turun di halte dekat SMP 5 untuk mengejar kereta Gaya Baru Malam di stasiun Lempuyangan. Pukul 10.00 kereta berangkat dan kami sampai di Jombang pukul 2 pagi. Setelah menunggu Subuh, kami segera pulang ke rumah masing – masing.

Rincian Biaya :

KA GBM 31500

Total minimum tanpa biaya makan cuma 122500

1. hahaha, bener2, aku udah pernah tuh naik KA bengawan
    eh, waktu ke prambanan mampir ke ratu boko ga? keren tuh tempatnya