Wednesday, November 25, 2009

Dukung Pulau Komodo Sebagai 7 Keajaiban Dunia



Tahukah kamu apa Pulau Komodo itu dan dimana keberadaannya? Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Sesuai dengan namanya, di Pulau Komodo terdapat reptil raksasa yang mempunyai ukuran paling besar di dunia. Reptil yang tidak lazim adalah biawak Komodo yang dipercaya sebagai sisa binatang purba Dinosaurus yang mencapai 140 kg. Menakjubkan bukan?

Satwa ini memang hanya terdapat di Nusa Tenggara Timur, Padar dan Rinca serta beberapa pulau kecil yang terpampang di antara pesisir barat Sumbawa dan pesisir utara, Flores. Komodo senang berada di dalam liang-liang tanah, kandang juga terdapat di bawah batu atau akar pohon. Reptil ini dapat bergerak dengan cepat. Dan hebatnya, binatang ini juga dapat berenang di air. Ternyata, Komodo memiiki kemampuan yang luar biasa juga…

Selain itu, reptil yang sering disebut “Naga Komodo ini
memiliki Geligi dan mulut yang merupakan mimpi buruk bagi semua korbannya. Dipenuhi kuman dan bakteri yang mematikan, geligi dan mulut seekor komodo memiliki peran yang vital dalam memburu mangsa. Komodo biasanya memakan hewan yang usianya relatif muda ataupun hewan yang terluka karena lebih mudah diburu. Akan tetapi, komodo yang bertubuh besar itu kadang menyerang hewan ternak yang berukuran besar pula. Seekor komodo cukup menggigit korabannya satu kali saja. Kemudian ia akan mengikuti mangsanya selama berhari-hari apbila perlu. Kuman dan bakteri akan mematikan mangsanya cepat atau lambat. Saat hewan ini mati,tiba pulalah saat bagi sang komodo untuk berpesta ria menikmati hidangan lezat..



Pada perairan di Pulau Komodo, juga terdapat perairan yang termasuk keajaiban dunia bawah air. Dasar laut peraiaran komodo adalah yang terbaik di dunia, permukaan lautnya dapat menyembulkan daratan -daratan kering yang berbukit karang. Memang, jika dipikr - pikir… Pulau Komodo sangatlah pantas untuk dimasukkan ke dalam jajaran daftar keajaiban di Indonesia, bahkan hingga dunia sekalipun !!!!

Selain hewan komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam. Misalnya kayu sepang, yang oleh warga sekitar digunakan sebagai obat dan bahan pewarna pakaian. Ada juga pohon nitak atau Sterculia oblongata yang di yakini berguna sebagai obat yang mempunyai biji gurih seperti kacang polong. Setelah kita tahu, ternyata, beragam juga ya keunikan-keunikan yang ada di pulau ini…

Lain lagi dengan yang demikian, ada lagi suatu tempat yang cukup menarik untuk kita amati. Terletak diantara pulau Sumbawa dan Flores. Taman Nasioanal Komodo dibangun sebagai tempat konservasi bagi para komodo. Pada tahaun 1986, 6 tahun setelah dibentuknya taman ni , UNESCO menjadikan Taman Nasional Komodo ini menjadi World Heritage Site sekaligus Man and Biosphere Reserve. Taman ini terdiri dari tiga pulau uatam, yakni Pulau Komodo, Rinca, dan Padar. Taman ini juga merupakan rumah bagi setidaknya 1000 species ikan, ratusan species karang, dan 70 jenis tanaman sponge. ikan hiu, paus, pari, penyu, ikan duyung, dan lumba – lumba juga lengkap. Kemudian di sini juga ditemukan 11 gunung atau bukit dengan puncak tertinggi, yaitu Gunung Santalibo dengan ketinggian  735 meter dpl.. Sungguh menakjubkan!

Baru – baru ini Pulau Komodo ditetapkan sebagai nominasi keajaiban dunia bersama tempat – tempat lain yang menakjubkan di seluruh dunia. Mari kita dukung dan doakan agar Pulau Komodo berhasil menjadi salah satu keajaiban dunia menggantikan Candi Borobudur sebakai Ikon Indonesia. Kita dapat mengikuti polling 7 keajaiban dunia yang diadakan vote7.com. Mari kita pilih Pulau Komodo agar dapat masuk 7 keajaiban dunia. Setiap orang hanya dapat memilih 7 nominasi.

Jadi, Tunggu apa lagi ??? Segera pilih Pulau Komodo di vote7.com/n7w

3 comments:

  1. wow..
    it's totally cool...x(

    ReplyDelete
  2. http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/21.gif

    ReplyDelete
  3. Wah thanks infonya teman, kalau ada waktu main ya ke blog saya......

    ReplyDelete